Monday, September 30, 2019

kitab keluaran


See the source image
refleksi kitab keluaran
 kitab keluaran lebih berfokus pada bangsa Israel dimana bangsa Israel keluar dari Mesir mewnuju ke tanah perjanjian, kitab ini juga mempunyai tiga tema utama yaitu;
  Pembebasan, menggambarkan kemengan Israel atas Mesir dan pembebasan umat-Nya dari perbudakan. kitab keluaran adalah gambaran dari penebusan yang kita miliki melalui iman didalam Kristus Keluaran membawa kita kepada asal mula keberadaan Israel sebagai suatu bangsa. Catatan penting dari Keluaran ialah mengenai pembebasan atau penyelamatan. Dalam pasal-pasal pertama kita diceritakan bagaimana bangsa itu dipersiapkan untuk dibebaskan dan bagaimana Allah bangkit dalam diri Musa, seorang pembebas. Kemudian orang Israel dipimpin keluar dari Mesir dan setelah itu dibentuk menjadi suatu bangsa di Sinai. Sisa kitab itu menceritakan hal-hal yang berhubungan dengan kelanjutan Israel sebagai bangsa yang mempunyai hubungan perjanjian dengan Allah.
Pemisahan, Israel mengikatkan diri dalam perjanjian di sinai, Tuhan memberikan mereka hukum-hukum agar mereka hidup berbeda dari bangsa-bangsa lain dan sepenuhnya berbakti kepada Tuhan, titik beratatnya adalah pada kekudusan Tuhan. meskipun umat-Nya sekarang tidak di wajibkan untuk menaati semua perintah ini. 
 tempat Kediaman,  Tuhan telah menyertai umat-Nya dalam kitab kejadian, tetapi sekarang Dia hendak tinggaal bersama mereka. Keluaran ditulis untuk memberikan laporan tentang tindakan-tindakan Allah yang bersejarah dan bersifat menebus sehingga Israel dibebaskan dari Mesir, ditetapkan sebagai bangsa pilihan-Nya, dan diberi penyataan tertulis mengenai perjanjian-Nya dengan mereka. Kitab ini juga ditulis sebagai mata rantai yang teramat penting dalam keseluruhan penyataan diri Allah yang bertahap-tahap yang mencapai puncaknya di dalam diri Yesus Kristus.2. Penebusan dosa.
Kitab Keluaran dapat dibagi menjadi tiga bagian:
Kebutuhan bangsa itu akan kebebasan terlihat dari penderitaan mereka di bawah tekanan bangsa Mesir. Hal ini dapat juga dilihat sebagai gambaran dari perbudakan manusia oleh dosa dan karenanya mereka sungguh-sungguh perlu dibebaskan.
Tempat pembebasan digambarkan. Tidak pernah diragukan bahwa pada akhirnya mereka akan berhasil, tetapi sementara itu terdapat banyak kekecewaan. Puncak peristiwa ialah pengorbanan Domba Paskah. Darah di ambang pintu rumah-rumah bangsa Israel merupakan jaminan keselamatan mereka. Bagi orang Kristen, Kristus adalah Domba Paskah yang darah-Nya menjamin pengampunan dosa dan kehidupan yang baru.
Setelah penyelamatan tibalah penyucian. Allah akan memasuki suatu perjanjian dengan umat-Nya yang harus menjadi saksi-saksi-Nya yang istimewa di dalam dunia ini. Sebagai bangsa yang sudah ditebus oleh Allah, mereka terpanggil untuk taat kepada-Nya. Sepuluh Perintah merupakan peraturan Allah mengenai moralitas. Mereka juga perlu berhubungan terus dengan Allah melalui penyembahan secara teratur. Oleh karenanya, mereka diberi petunjuk-petunjuk mengenai apa yang harus mereka lakukan. Kemah suci merupakan tempat mereka bertemu dengan Allah dan yakin akan kehadiran-Nya di situ.




1 comment:

  1. Bagian yg diblok warna putih tidak bisa dibaca, perbaiki warna blok atau warna hurufnya

    ReplyDelete